Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al; 2007).
Supervisi akademik merupakan salah satu (fungsi mendasar (essential function) dalam keseluruhan program sekolah (Weingartner, 1973; Alfonso dkk., 1981; dan Glickman, et al; 2007). Hasil supervisi akademik berfungsi sebagai sumber informasi bagi pengembangan profesionalisme guru.
Supervisi akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi praktis penilaian kinerja guru dalam supervisi akademik adalah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, misalnya apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas?, apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan siswa di dalam kelas?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktivitas di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan murid?, apa yang telah dilakukan oleh guru dalam mencapai tujuan akademik?, apa kelebihan dan kekurangan guru dan bagaimana cara mengembangkannya?. Berdasarkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan ini akan diperoleh informasi mengenai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Namun satu hal yang perlu ditegaskan di sini, bahwa setelah melakukan penilaian kinerja berarti selesailah pelaksanaan supervisi akademik, melainkan harus dilanjutkan dengan tindak lanjutnya berupa pembuatan program supervisi akademik dan melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.
Tujuan supervisi akademik adalah:
- membantu guru mengembangkan kompetensinya,
- mengembangkan kurikulum,
- mengembangkan kelompok kerja guru, dan membimbing penelitian tindakan kelas (PTK) (Glickman, et al; 2007, Sergiovanni, 1987).
Prinsip-prinsip supervisi akademik
- Praktis, artinya mudah dikerjakan sesuai kondisi sekolah.
- Sistematis, artinya dikembangan sesuai perencanaan program supervisi yang matang dan tujuan pembelajaran.
- Objektif, artinya masukan sesuai aspek-aspek instrumen.
- Realistis, artinya berdasarkan kenyataan sebenarnya.
- Antisipatif, artinya mampu menghadapi masalah-masalah yang mungkin akan terjadi.
- Konstruktif, artinya mengembangkan kreativitas dan inovasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran.
- Kooperatif, artinya ada kerja sama yang baik antara supervisor dan guru dalam mengembangkan pembelajaran.
- Kekeluargaan, artinya mempertimbangkan saling asah, asih, dan asuh dalam mengembangkan pembelajaran.
- Demokratis, artinya supervisor tidak boleh mendominasi pelaksanaan supervisi akademik.
- Aktif, artinya guru dan supervisor harus aktif berpartisipasi.
- Humanis, artinya mampu menciptakan hubungan kemanusiaan yang harmonis, terbuka, jujur, ajeg, sabar, antusias, dan penuh humor
- Berkesinambungan (supervisi akademik dilakukan secara teratur dan berkelanjutan oleh Kepala sekolah).
- Terpadu, artinya menyatu dengan dengan program pendidikan.
- Komprehensif, artinya memenuhi ketiga tujuan supervisi akademik di atas (Dodd, 1972).
Berikut ini contoh format Supervisi Akademik
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)
A. CONTOH FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2006
1. CONTOH FORMAT INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS (KURIKULUM 2006)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
2. CONOH FORMAT INSTRUMEN PENILAIAN RPP (KURIKULUM 2006)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
3. CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN (KURIKULUM 2006)
NAMA GURU | : …………………………………........................................ | |||||||||
MATA PELAJARAN | : …………………………………........................................ | |||||||||
NAMA SEKOLAH | : …………………………………........................................ | |||||||||
KELAS/SEMESTER | : …………………………………........................................ | |||||||||
HARI/TANGGAL | : …………………………………........................................ | |||||||||
MATERI PELAJARAN | : …………………………………........................................ | |||||||||
NO | ASPEK YANG DINILAI | NILAI | KET | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||||||
A | Pendahuluan / Pra Pembelajaran | |||||||||
1. | Memeriksa kesiapan peserta didik | |||||||||
2. | Melakukan kegiatan apersepsi | |||||||||
B | Kegiatan Inti Pembelajaran | |||||||||
◙ | Penguasaan Materi Pelajaran : | |||||||||
3. | Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran | |||||||||
4. | Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan | |||||||||
5. | Menyampaikan materi dengan jelas dan sesuai dengan hierarki belajar | |||||||||
6. | Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan | |||||||||
◙ | Pendekatan / Strategi Pembelajaran : | |||||||||
7. | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai | |||||||||
8. | Melaksanakan pembelajaran secara runtut | |||||||||
9. | Menguasai kelas | |||||||||
10. | Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual | |||||||||
11. | Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuh-nya kebiasaan positif | |||||||||
12. | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan | |||||||||
◙ | Pemanfaatan Sumber Belajar / Media Pembelajaran : | |||||||||
13. | Menggunakan media secara efektif dan efisien | |||||||||
14. | Menghasilkan pesan yang menarik | |||||||||
15. | Melabatkan siswa dalam pemanfaatan media | |||||||||
16. | Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran | |||||||||
17. | Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon peserta didik | |||||||||
18. | Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam belajar | |||||||||
◙ | Penilaian Proses dan Hasil Belajar : | |||||||||
19. | Memantau kemajuan belajar selama proses | |||||||||
20. | Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan) | |||||||||
◙ | Penggunaan Bahasa : | |||||||||
21. | Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik, dan benar | |||||||||
22. | Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai | |||||||||
C | PENUTUP | |||||||||
23. | Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan me-libatkan peserta didik | |||||||||
24. | Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan | |||||||||
JUMLAH SKOR PEROLEHAN | ||||||||||
4. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah | ||||||
6 | Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri | ||||||
7 | Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal | ||||||
8 | Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi | ||||||
9 | Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH. | ||||||
10 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS | ||||||
11 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS | ||||||
12 | Apakah guru mengoreksi hasil ulangan | ||||||
13 | Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur | ||||||
14 | Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur | ||||||
15 | Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas. | ||||||
16 | Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH. | ||||||
17 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial. | ||||||
18 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan. | ||||||
19 | Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru memiliki buku agenda mengajar | ||||||
21 | Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 (Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014) | ||||||
22 | Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) | ||||||
23 | Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar | ||||||
24 | Apakah guru memiliki karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru memiliki hasil PTK | ||||||
Jumlah |
Jumlah Skor : ..............................
Skor Maksimal : 25 x 5 = 125
5. Instrumen monitoring ADMINISTRASI KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Keterangan | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir | ||||||
6 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling | ||||||
7 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling | ||||||
8 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan | ||||||
9 | Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi | ||||||
10 | Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi) | ||||||
11 | Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus) | ||||||
12 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung) | ||||||
13 | Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang) | ||||||
14 | Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2) | ||||||
15 | Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling | ||||||
16 | Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu) | ||||||
17 | Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan | ||||||
18 | Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal | ||||||
19 | Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru memiliki buku agenda mengajar | ||||||
21 | Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 | ||||||
22 | Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) | ||||||
23 | Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar | ||||||
24 | Apakah guru memiliki karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru memiliki hasil PTK |
B. CONTOH FORMAT SUPERVISI UNTUK SEKOLAH YANG MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013
1. INSTRUMEN SUPERVISI RPP (KURIKULUM 2013) SD/SMP/SMA/SMK (K2013)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Aspek yang Diamati | Belum Sesuai (1) | Sesuai sebagian (2) | Sesuai semua (3) | Catatan | |
A. | Perumusan Indikator | ||||
1 | Indikator sesuai dengan SKL-KI, dan KD | ||||
2 | Meliputi dimensi sikap, keterampilan dan pengetahuan | ||||
3 | Menggunakan kata kerja operasional yang mengandung satu prilaku | ||||
4 | Mengadung satu prilaku yang dapat diobservasi | ||||
5 | Mencakup level berpikir tinggi (analisis, evaluasi, atau mencipta). | ||||
6 | Meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif (learning how to learn) | ||||
B. | Perumusan Tujuan Pembelajaran | ||||
7 | Tujuan realistik, dapat dicapai melalui proses pembelajaran | ||||
8 | Relevan dengan kompetensi dasar dan indikator | ||||
9 | Mencakup pengembangan sikap, keterampilan dan pengetahuan | ||||
10 | Mengandung unsur menciptakan karya | ||||
C. | Materi Pelajaran | ||||
11 | Relevan dengan tujuan | ||||
12 | Sesuai dengan potensi peserta didik | ||||
13 | Kontekstual | ||||
14 | Sesuai dengan perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual siswa | ||||
15 | Bermanfaat untuk peserta didik | ||||
16 | Materi yang disajikan aktual | ||||
17 | Relevan dengan kebutuhan siswa | ||||
D. | Media Belajar | ||||
18 | Sesuai dengan tujuan pembelajaran. | ||||
19 | Memudahkan siswa menguasai materi pelajaran | ||||
20 | Memfasilitasi siswa menerapkan pendekatan saintifik | ||||
21 | Memberdayakan teknologi informasi dan komunikasi | ||||
E. | Metode Pembelajaran | ||||
22 | Sesuai dengan tujuan pembelajaran. | ||||
23 | Sesuai dengan pendekatan saintifik | ||||
24 | Sesuai dengan model model inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, atau proyek. | ||||
25 | Mengembangkan kapasitas individu dan kerja sama peserta didik | ||||
E. | Rencana Kegiatan Pembelajaran | ||||
26 | Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. | ||||
27 | Menjelaskan tujuan pembelajaran | ||||
28 | Merencanakan kegiatan siswa mengamati | ||||
29 | Merencanakan kegiatan siswa menanya | ||||
30 | Merancang kegiatan siswa mencoba | ||||
31 | Merancang kegiatan siswa menalar atau mengasosiasi (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi) | ||||
32 | Merancang kegiatan siswa membentuk jejaring atau mengomunikasikan produk penalarannya | ||||
33 | Merangkan kegiatan siswa berkarya atau mencipta | ||||
34 | Mengandung rencana kegiatan tindak lanjut (penugasan, remedial, dan pengayaan) | ||||
F. | Penilaian | ||||
35 | Menilai ketercapain indikator hasil belajar | ||||
36 | Mengukur sikap, pengetahuan, dan keterampilan | ||||
37 | Merancang penilaian otentik | ||||
38 | Meliputi rancangan instrumen tes | ||||
39 | merancang penilai tugas | ||||
40 | Menetapkan pedoman penskoran | ||||
SKOR RENCANA PELAKSANAAN PEBELAJARAN | |||||
Nilai | |||||
Kriteria: | |||||
Amat baik | 86 | s.d | 100 | ||
Baik | 70 | s.d | 85 | ||
Kurang | Di bawah 70 | ||||
2. CONTOH FORMAT INSTRUMEN SUPERVISI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK(KURIKULUM 2013)
Nama Guru : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Aspek yang Diamati | Belum Sesuai (1) | Sesuai sebagian (2) | Sesuai semua (3) | Catatan | |
A. Apersepsi dan Motivasi | |||||
1 | Mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman peserta didik atau pembelajaran sebelumnya. | ||||
2 | Mengajukan pertanyaan menantang. | ||||
3 | Menyampaikan manfaat materi pembelajaran. | ||||
4 | Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran. | ||||
B. Penyampaian Kompetensi dan Rencana Kegiatan | |||||
5 | Menyampaikan kemampuan yang akan dicapai peserta didik. | ||||
6 | Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi. | ||||
C. Kegiatan Inti | |||||
Penguasaan Materi Pelajaran | |||||
7 | Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran. | ||||
8 | Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata. | ||||
9 | Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat. | ||||
10 | Menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak) | ||||
Penerapan Strategi Pembelajaran yang Mendidik | |||||
11 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai. | ||||
12 | Menfasilitasi kegiatan yang memuat komponen eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. | ||||
13 | Melaksanakan pembelajaran secara runtut. | ||||
14 | Menguasai kelas. | ||||
15 | Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual. | ||||
16 | Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect). | ||||
17 | Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan. | ||||
Penerapan Pendekatan scientific | |||||
18 | Memberikan pertanyaan mengapa dan bagaimana. | ||||
19 | Memfasilitasi peserta didik untuk mengamati. | ||||
20 | Memancing peserta didik untuk bertanya. | ||||
21 | Memfasilitasi peserta didik untuk mencoba. | ||||
22 | Memfasilitasi peserta didik untuk menganalisis. | ||||
23 | Memberikan pertanyaan peserta didik untuk menalar (proses berfikir yang logis dan sistematis). | ||||
24 | Menyajikan kegiatan peserta didik untuk berkomunikasi. | ||||
Pemanfaatan Sumber Belajar/Media dalam Pembelajaran | |||||
25 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar pembelajaran. | ||||
26 | Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran. | ||||
27 | Menghasilkan pesan yang menarik. | ||||
28 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar pembelajaran. | ||||
29 | Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran. | ||||
D. Pelibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran | |||||
30 | Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar. | ||||
31 | Merespon positif partisipasi peserta didik. | ||||
32 | Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik. | ||||
33 | Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif. | ||||
34 | Menumbuhkan keceriaan atau antuisme peserta didik dalam belajar. | ||||
E. Melaksanakan Penilaian Autentik | |||||
35 | Menilai sikap dalam pembelajaran | ||||
36 | Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran | ||||
37 | Menilai pengetahuan dalam proses pembelajaran | ||||
F. Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam Pembelajaran | |||||
38 | Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar. | ||||
39 | Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar. | ||||
F. Penutup pembelajaran | |||||
40 | Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik. | ||||
41 | Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio. | ||||
42 | Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan. | ||||
Jumlah | |||||
Nilai | |||||
3. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI PEMBELAJARAN SD/SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri dan silabus dari pemerintah | ||||||
6 | Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri | ||||||
7 | Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal | ||||||
8 | Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi | ||||||
9 | Apakah guru memiliki rancangan penilaian , penilaian , Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH. | ||||||
10 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS | ||||||
11 | Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS | ||||||
12 | Apakah guru mengoreksi hasil ulangan | ||||||
13 | Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur | ||||||
14 | Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur | ||||||
15 | Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas. | ||||||
16 | Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH. | ||||||
17 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial. | ||||||
18 | Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan. | ||||||
19 | Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru memiliki buku agenda mengajar | ||||||
21 | Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 (Permendikbud : 54,64,65,66,81A 2013 dan Permendikbud No.58,61,62,63 2014) | ||||||
22 | Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) | ||||||
23 | Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar | ||||||
24 | Apakah guru memiliki karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru memiliki hasil PTK | ||||||
Jumlah |
4. CONTOH FORMAT Instrumen monitoring ADMINISTRASI KHUSUS GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) SMP/SMA/SMK
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No | Aspek Yang Diamati | Nilai | Ket | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Pembimbingan dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir. | ||||||
2 | Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu | ||||||
3 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir. | ||||||
4 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir. | ||||||
5 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir | ||||||
6 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling | ||||||
7 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling | ||||||
8 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan | ||||||
9 | Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi | ||||||
10 | Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi) | ||||||
11 | Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus) | ||||||
12 | Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung) | ||||||
13 | Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang) | ||||||
14 | Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2) | ||||||
15 | Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling | ||||||
16 | Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu) | ||||||
17 | Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan | ||||||
18 | Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal | ||||||
19 | Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar | ||||||
20 | Apakah guru memiliki buku agenda mengajar | ||||||
21 | Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007 | ||||||
22 | Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll) | ||||||
23 | Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar | ||||||
24 | Apakah guru memiliki karya ilmiah populer | ||||||
25 | Apakah guru memiliki hasil PTK |
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan KTSP/Kurikulum 2006 (disini)
Unduh Contoh Format Supervisi Akademik Bagi Sekolah yang Menggunakan Kurikulum 2013 (Disini)
Terima kasih semoga informasi contoh format Supoervisi Akademik ini bermanfaat untuk Anda.
Terima kasih semoga informasi contoh format Supoervisi Akademik ini bermanfaat untuk Anda.
=====================================
Share This :
comment 0 comments
more_vert